Selasa, 07 Mei 2013

12. LOMBA PC (PROTOTYPE COMPETITION)-UNS




A. Deskripsi Kegiatan

Prototype Competition Sekolah Lanjutan Tingkat Atas yang selanjutnya disebut PC SLTA merupakan salah satu rangkaian kegiatan National Scientific Fair yang dilaksanakan oleh BSO EneRC Universitas Negeri Semarang. Bentuk dari kompetisi ini adalah pengajuan proposal kegiatan yang menekankan pada aspek kreativitas dan inovasi ide siswa berlandaskan penguasaan sains dan teknologi serta keilmiahan yang tinggi tentang program penciptaan yang didasari atas karsa dan nalar pelajar SLTA, bersifat konstruktif serta menghasilkan suatu sistem, desain, model/barang atau prototype dan sejenisnya, yang nantinya proposal tersebut akan diseleksi untuk didanai dan diharapkan barang tersebut akan bermanfaat bagi bangsa dan negara pada masa sekarang atau yang akan datang. Berdasarkan hal tersebut, lomba ini bertujuan untuk melatih siswa dalam pembuatan proposal penelitian, karya ilmiah atau sejenisnya, dan membentuk siswa menjadi pribadi yang berjiwa kepemimpinan, yang cendikiawan, mandiri dan arif serta dapat mengimplementasikan kemampuan, keahlian, sikap tanggung jawab dan dapat membangun kerja sama tim, untuk masa depan bangsa yang lebih baik melalui Riset dan Teknologi.

B. Tujuan

  1. Melatih kemampuan berpikir ilmiah, solutif dan inovatif pelajar Indonesia.
  2. Melatih siswa untuk meningkatkankemampuan bekerjasama, dan menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam menyelesaikan masalah secara bersama-sama.
  3. Melatih siswa untuk berfikir kreatif dan inovaif dalam menciptakan suatu riset dan teknologi yang dapat bermanfaat untuk masyarakat dan berguna bagi bangsa dan negara baik masa sekarang maupun yang akan datang.
  4. Melatih siswa untuk mencari ide-ide baru dalam menyikapi masalah global yang berkaitan dengan energi dan teknologi.
  5. Melatih siswa untuk mencintai dan mempunyai rasa mengabdi untuk bangsa melalui riset dan teknologi.

C. Nama Kegiatan dan Tema

  1. Kegiatan ini bernama:
    PC SLTA (Prototype Competition SLTA) 2013
  2. Tema Kegiatan:
    “Kontribusi Anak Bangsa untuk Negeri Tercinta”

Sub Tema:

  • Lingkungan dan Pendidikan
  • Teknologi
  • Bahan Pangan
  • Sosial dan Budaya
  • Kesehatan

D. Sasaran dan Syarat Pendaftaran

Peserta dalam lomba ini adalah siswa/i SMA/MA/SMK dan sederajat se-Indonesia, satu tim terdiri dari 3 orang, terdiri dari lintas angkatan dan 1 guru pembimbing yang harus berasal dari sekolah yang sama. Dimana nantinya tim terdiri dari ketua dan anggota kelompok, serta sekolah yang mengirimkan kelompok.

E. Biaya Pendaftaran

Untuk lomba PC SLTA ini dikenakan biaya sebesar Rp 40.000; /tim, dan tiap peserta akan mendapatkan sertifikat peserta, peserta yang lolos seleksi akan didanai maksimal sebesar Rp. 250.000;/tim untuk merealisasikan dalam bentuk produk.

F. Ketentuan Kompetisi

  1. Proposal karya tulis merupakan hasil penelitian atau non-penelitian yang berasal dari pemikiran sendiri.
  2. Proposal karya tulis yang akan dibiayai harus sesuai dengan tema yang ditentukan.
  3. Setiap Proposal karya tulis yang diajukan mendapat bimbingan guru pembimbing dari sekolah yang sama.
  4. Setiap tim hanya diperkenankan mengirimkan maksimal 2 Proposal Karya Tulis beserta abstraknya, paling lambat diterima tanggal 31 Mei 2013 dalam bentuk softcopy melalui email pcslta@yahoo.co.id.
  5. Proposal Karya Tulis peserta akan diseleksi pada tahap penjurian awal untuk menentukan 10 finalis yang akan didanai dalam pembuatan produk tersebut.
  6. Nama Tim akan diumumkan melalui email, SMS, dan dicantumkan di http://www.nationalscientificfair.wordpress.com/.
  7. Finalis diberi waktu melaksanakan program kegiatannya dalam pembuatan produk prototype sampai tanggal 26 Juni 2013.
  8. Semua Finalis wajib datang dan mengikuti serangkaian kegiatan National Scientific Fair 2013 EneRC FT Unnes, dan wajib mempresentasikan produk prototipe-nya di hadapan dewan juri pada saat final pada tanggal 29 Juni 2013 di Graha Cendikia Gedung E2 FT Unnes.
  9. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  10. Segala urusan pembiayaan dalam pembuatan program pembuatan produk prototype diluar dana yang dibiayai bukan tanggung jawab panitia.

G. Sistem Kompetisi

  1. Tahap Seleksi
    Tahap penilian proposal karya tulis ilmiah dan akan diseleksi 10 tim dengan nilai karya tulis tertinggi untuk didanai dan melanjutkan ke tahap kedua dan tahap ketiga atau final.
  2. Tahap Pelaksanaan Kegiatan
    Tahap pelaksanaan kegiatan tentang proposal karya tulis ilmiah yang telah disusun dan didanai untuk melaksanakan pembuatan produk prototype sesuai dengan tema yang ditentukan dan proposal yang disusun dengan waktu yang diberikan.
  3. Tahap Final
    Tahap final akan dilakukan 5 penilaian, yaitu kerjasama tim, penilaian poster yang wajib dibuat oleh setiap tim yang menjadi finalis, presentasi dari kesepuluh tim yang berhasil menjadi finalis, keberhasilan pembuatan produk prototype (100%), laporan akhir yang sesuai dengan proposal pengajuan pertama, dan solusi atau cara tim untuk memacahkan dan menyelesaikan setiap masalah.Pada tahap final ini akan diperoleh 3 tim pemenang.

H. Ketentuan Proposal Karya Tulis PC

Karya tulis yang dikirim harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  1. Orisinil
  2. Sistematis. Karya disampaikan dalam bentuk jelas, runtut, dan di dukung oleh data atau informasi yang akurat
  3. Sesuai dengan tema yang ditentukan
  4. Menggunakan bahasa Indonesia yang baku
  5. Mengikuti sistematika yang ditetapkan
  6. Panjang proposal karya tulis PC maksimal 20 halaman tidak termasuk halaman judul, halaman pengesahan dan lampiran
  7. Hasil karya produk prototype menjadi hak peserta

I. Ketentuan Pelaksanaan Program

Program dilaksanakan dalam waktu yang diberikan yaitu dari pengumuman hingga tanggal 15 Mei 2013, dengan pantauan dan bantuan dari guru pembimbing dan memaksimalkan dana yang ada (Rp. 250.000,-)(diprioritaskan), adapun biaya tambahan diluar biaya yang didanai diperbolehkan.
J. Ketentuan Poster dan Media Presentasi

  1. Poster berukuran A1 dan bersifat efektif, informatif, dan menarik.
  2. Media presentasi boleh menggunakan powerpoint, macromedia flash dan/atau yang lainnya.

K. Agenda Kompetisi

  1. Publikasi dan informasi : 1April – 27 April 2013
  2. Pendaftaran dan pengiriman proposalPC : 1 April – 31 Mei 2013
  3. Tahap seleksi proposal PC : 1 – 5 Juni 2013
  4. Pengumuman finalis didanai : 5 Juni 2013
  5. Pengiriman dana : 7 Juni 2013
  6. Pelaksanaan program : 8 – 26 Juni 2013
  7. Pengiriman laporan kemajuan : 25 – 28 Juni 2013
  8. Grand Final kompetisi : 29 Juni 2013

L. Pendaftaran, Pengirimandan Penyerahan Uang

  1. Pendaftaran, kelengkapanbiodata peserta serta pembayaran dilaksanakan mulai tanggal 1April 2013 –31 Mei 2013.
  2. Formulir pendaftaran dan biodata peserta dapat diisi di http://www.nationalscientificfair.wordpress.com/.
  3. Pembayaran pendaftaran melalui:
    No. Rekening : 0222715100Atas Nama : Muhammad Edi LaksonoSetelah membayar biaya pendaftaran, kemudian mengirim sms konfirmasi pembayaran dengan format :“PCSLTA_Admin_Nama Ketua Tim_NamaSekolah_KOTA”
  4. ke Edi (085727144293)
  5. Pengiriman karya dalam bentuk soft file melalui email dengan melampirkan scan out bukti pembayaran dan scan kartu tanda pelajar ketua tim dan anggota dengan format JPEG/GIF, semua file dijadikan satu dalam bentuk rar/zip dikirimkan ke mailto:pcslta@yahoo.co.iddengan format subject:“NSF_PCSLTA_NamaKetua Tim_NamaSekolahan_KOTA”.Sms konfirmasi
  6. pengiriman karya melalui sms dengan format: “NSF_PCSLTA_NamaKetua Tim_NamaSekolah_KOTA” kirim ke Dadang (085768090856).

M. Pusat Informasi

Pusat informasi PC SLTA dapat dilihat di http://www.nationalscientificfair.wordpress.com/. Jika ada informasi tentang PC SLTA yang belum dimengerti dapat mengajukan pertanyaan ke email resmi pcslta@yahoo.co.id dengan format subject “Pertanyaan”, atau bisa langsung menghubungi panitia melalui Contact Person : Saian N.F (085643784373) dan M. Edi Laksono (085727144293)
N. Pengumuman pemenang

Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada Sabtu, 29 Mei 2013 di Graha Cendikia Gedung E2 FT Unnes.
O. Penghargaan

Finalis lomba masing – masing akan mendapatkan sertifikat, dan merchandise menarik dan masing-masing pemenang lomba (Juara 1,2,3, favorit) akan mendapatkan Trophy +sertifikat+Uang Pembinaan.
Donwload Petunjuk Pelaksanaan di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar