Senin, 23 Mei 2011

PENGERTIAN DAN MASALAH PADA MASA REMAJA

Masa remaja adalah suatu masa dimana seorang anak mengalami pembentukan jati diri / karakter dirinya. Karena dalam masa tersebut seorang anak akan mengalami masa pubertas, masa pubertas itu masa dimana seorang anak akan mengalami kebebasan hidupnya di masa tersebut.
     Dia akan merasakan gimana itu kehidupan di masa remaja dan meninggalkan masa mudanya, di masa remaja dia pasti merasakan masalah percintaan, keluarga, maupun lingkungannya. Karena itulah masa remaja ini sangat berpengaruh bagi yang mereka beranjak remaja agar di masa selanjutnya mereka bisa menata kehidupan mereka yang lebih baik dan lebih matang lagi.

Dalam masa remaja ini pasti ada masalah yang muncul, yaitu :
Kebanyakan anak yang dalam masa remaja pasti menginginkan masa remaja mereka ingin sempurna dan di perhatikan oleh keluarga terutama pada ayah dan ibu.
Tapi bagi sebagian mereka yang masa remajanya ingin sempurna harus meninggalkan sedih di hati karena harus menghabiskan masa remaja mereka di jalanan bergabung dengan mereka yang masa remajanya kurang beruntung, itu semua terjadi karena pertengkaran yang terjadi pada orang tua dan melibatkan anak – anak mereka yang tidak seharusnya terlibat, karena kalau orang tua melibatkan masalah mereka kepada anaknya bisa membuat anak tersebut berpikir yang harusnya belum dia pikirkan dan bisa membuat dia menjadi depresi.
Dalam masa remaja ini kita bisa mengenal yang namanya cinta biarpun yang di bilang itu cinta monyet(cimon), tapi gara – gara cinta bisa merusak masa remaja kita apa lagi kalau kita semua sudah mengenal free sex (seks bebas).
Dalam kalangan remaja tidak mungkin tidak tahu yang namanya cinta, tapi inilah masalah yang sering terjadi di saat kita hanyut dengan cinta. Kita bisa saja melakukan apa saja untuk sampai – sampai kita bisa melupakan keluarga kita sendiri.
Kalau cinta sejati kita sudah pergi dan hilang yang terjadi pada kalangan remaja ini pastinya akan melakukan bunuh diri, stres, DLL.

Gambar 1. lingkungan yang baik
Gambar 2. lingkungan yang buruk
       Lingkungan sangat berperan penting dalam masa remaja, karena lingkungan sangat mempengaruhi masa pertumbuhan remaja kita kalau lingkungan yang kita tempati baik maka baguslah sifat kita dalam bergaul, tapi kalau lingkungan yang kita tempati buruk maka buruk pula sifat kita dalam bergaul.

        Maka dari itu kita harus bisa menentukan mana yang baik dan mana pula yang buruk, disinilah kita sudah bisa mengetahui karakter diri kita sesungguhnya.
        Jadi dalam masa remaja ini bisa di bilang masa yang sangat menentukan dimana karakter sifat kita sesungguhnya, maka dari itu “nikmatilah masa remaja mu dengan hal yang baik jangan sia – siakan masa muda mu karena dia lah yang menentukan kedewasaan mu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar